Unik dan Inspiratif ! Penemuan Ini Berhasil Angkat Kopi Nusantara dan Ciptakan Peluang Usaha Kala Pandemi
Oct 14, 2022

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Sebagai penghasil komoditas kopi terbesar ke-4 di dunia, Indonesia memiliki berbagai ragam jenis kopi nusantara dengan capaian produksi biji kopi mencapai 729,1 ribu ton setiap tahunnya. Kopi robusta dan kopi arabika menjadi jenis kopi yang paling diminati oleh berbagai kalangan.

Lie Gabrian Suryali, seorang anak muda pecinta kopi, yang berhasil melihat potensi ini. Pada awalnya, Lie Gabrian tertarik untuk mempelajari proses dan tahapan tentang “Brewing Kopi”, salah satunya metode “Manual Brewing”, yaitu kopi yang diseduh dengan menggunakan teknik manual tanpa menggunakan mesin untuk mengedepankan kualitas dari rasa dan karakter kopi itu sendiri. Metode manual brewing sebenarnya sudah banyak dijumpai, salah satunya adalah teknik membuat kopi tubruk. Namun, adakah metode brewing kopi yang lebih modern daripada kopi tubruk?

Manual Brewing - Proses Panjang untuk Menikmati Secangkir Kopi

Sebuah keresahan muncul ketika Lie Gabrian mempelajari teknik manual brewing. Untuk dapat membuat secangkir kopi yang berkualitas, dibutuhkan skill dan pengetahuan khusus, serta berbagai macam alat yang rumit sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Selain itu, tidak semua orang sabar dengan tahapan dan proses yang panjang sampai kopi bisa dinikmati.

Disamping itu, Lie Gabrian juga menemukan bahwa hampir semua alat kopi yang diciptakan, diberi nama dengan menggunakan bahasa asing, seperti V60, Vietnam Drip, dan sebagainya. Bertolak belakang dengan Indonesia yang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Coffee Brewer Khas Nusantara yang Effortless

Berangkat dari keresahan rumitnya persiapan dan proses menghidangkan kopi berkualitas, Lie Gabrian melakukan riset berbagai jenis alat kopi tradisional dan modern untuk menghasilkan sebuah sistem brewing kopi yang effortless. Terobosan dan inovasi baru ini kemudian diberi nama BaliDrip™.

Hanya dengan segelas air panas, BaliDrip ™ hadir di Indonesia untuk menyajikan kopi berkualitas dan mudah digunakan oleh semua orang tanpa membutuhkan skill dan pengetahuan khusus. Kemudahan menggunakan BaliDrip ™, adalah hasil inovasi Lie Gabrian dalam mengkombinasikan keseluruhan proses menjadi lebih praktis, tetapi tetap menjaga konsistensi dan kualitas cita rasa kopi, serta menjadi jawaban problematika para penikmat kopi khususnya yang ada di Indonesia.

Karena alatnya yang kecil dan handy, BaliDrip ™ mudah dibawa kemana saja tanpa perlu space dan ruangan yang besar untuk menyimpan alat ini. Hanya satu box dalam satu genggaman dan BaliDrip ™ dapat disajikan dimana saja, seperti resto, cafe, tempat kerja, baik indoor maupun outdoor.

Mengangkat Citra Kopi Nusantara di Mata Dunia

Mengusung nuansa tema classic modern, desain BaliDrip™ terinspirasi dari keragaman budaya nusantara yang dibagi menjadi tiga varian warna yang elegan.

Pertama, BaliDrip™ Daily Series, menggunakan warna tunggal yang berpadu dengan aksen warna emas sehingga memberikan kesan premium bagi para penggunanya. Daily Series terinspirasi dari material alam yang sering digunakan maupun dijumpai di Bali dan cocok untuk para penikmat kopi yang memiliki karakter sederhana namun kuat.

Kedua, BaliDrip™ Fantasy Series, memadukan gradasi warna yang mengingatkan orang akan keindahan pantai-pantai di Bali. Fantasy Series cocok dinikmati oleh para penikmat kopi yang memiliki karakter, feminim, ceria dan aktif.

Ketiga, BaliDrip™ Dreamy Series, mengusung kesan kehangatan dan ketenangan dari perpaduan gradasi warna-warna yang berani. Dreamy Series cocok bagi para penikmat kopi yang suka dengan tantangan-tantangan baru.

Dan untuk menambah kesempurnaan, BaliDrip™ hadir dengan 1 set complete BaliPod™ yang khusus dikemas sebagai bagian dari personal lifestyle para penikmat kopi.

Lie Gabrian, berharap produk Bali Drip dapat menjadi sebuah terobosan baru karya anak bangsa, sekaligus bentuk kontribusi dan apresiasi untuk petani maupun penikmat kopi di seluruh Indonesia, serta terus berkomitmen untuk mengembangkan produk BaliDrip™ hingga mampu membawa nama harum Indonesia di mancanegara.